Rangkuman Materi Diklat Implementasi Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 telah diimplementasikan pada sekolah-sekolah yang sudah ditunjuk, dan tahun depan giliran sekolah/madrasah di lingkungan Kementerian Agama akan melaksanakannya, dimana kurikulum tersebut menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran meliputi mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating), mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.

Dalam implementasi di lapangan kemungkinan terjadi pemahaman yang berbeda dari para pelaksana di lapangan. Kemungkinan terjadi persepsi yang berbeda. Kondisi ini sedikit banyak menimbulkan beberapa pertanyaan yang dapat menjadi resistansi berkelanjutan terhadap implementasi Kurikulum 2013. 

Resume materi diklat Kurikulum 2013 yang dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini, semoga dapat memberikan gambaran konsep inti Kurikulum 2013 di antaranya :
  • Bahwa Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi
  • Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa”.
  • Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
  • Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
  • Dimana hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Adapun rangkuman materi dapat diunduh di bawah ini :

NO
KELOMPOK
MATA PELAJARAN
KELOMPOK
UNDUH
1.
Umum Umum Perubahan Mindset (Rhenald Kasali)
2.
Umum Umum Perubahan Mindset
3.
Umum Umum Rasional Kurikulum 2013
4.
Umum Umum Elemen Perubahan Kurikulum 2013
5.
Umum Umum SKL KI-KD
6.
Umum Umum Strategi Implementasi Kurikulum
7.
Umum Umum Konsep Pendekatan Scientific
8.
Umum Umum Project Base Learning
9.
Umum Umum Problem Base Learning
10.
Umum Umum Discovery Learning
11.
Umum Umum Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasil
12.
Umum Umum Anaslisi Buku Guru dan Siswa Mapel
13.
Umum Umum Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik
14.
Umum Umum Rambu Rambu Penyusunan RPP
15.
Umum Umum Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik
16.
Umum Umum Panduan Tugas Telah RPP
17.
Umum Umum Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian
18.
Umum Umum Strategi Pengamatan Tayangan Video
19.
Umum Umum Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching
20..
SD/MI Tematik Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu
21.
SD/MI Tematik Implementasi Tematik Terpadu
22.
SD/MI Tematik Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific
23.
SD/MI Tematik Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik
24.
SD/MI Tematik Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik
25.
SMP/MTs Bahasa Indonesia Contoh Pendekatan Scientific Bahasa Indonesia
26.
SMP/MTs Bahasa Indonesia Contoh Penilaian Autentik Bahasa Indonesia
27.
SMP/MTs Matematika Konsep Pendekatan Scientific
Unduh
28.
SMP/MTs Bahasa Inggris Konsep Pendekatan Scientific
29.
SMP/MTs Bahasa Inggris Contoh Penerapan Pendekatan Scientific
30.
SMP/MTs Bahasa Inggris Konsep Penilaian Autentik
31.
SMP/MTs Bahasa Inggris Contoh Penerapan Penilaian Autentik
32.
SMP/MTs IPA Konsep Pembelajaran IPA Terpadu
33.
SMP/MTs IPA Penerapan Pendekatan Scientific
34.
SMP/MTs IPA Contoh Penerapan Penilaian Autentik
35.
SMP/MTs IPS Konsep IPS Terpadu
36.
SMP/MTs IPS Contoh Pendekatan Scientific
37.
SMP/MTs IPS Contoh Penilaian Autentik
38.
SMP/MTs Penjasorkes Contoh Pendekatan Scientific
39.
SMP/MTs Penjasorkes Contoh Penilaian Terpadu
40.
SMP/MTs PPKN Contoh Penilaian Autentik
41.
SMP/MTs PPKN Contoh Pendekatan Scientific
42.
SMP/MTs Prakarya Contoh Penilaian Autentik
43.
SMP/MTs Prakarya Contoh Pendekatan Scientific
44.
SMP/MTs Seni Budaya Contoh Penilaian Autentik
45.
SMP/MTs Seni Budaya Contoh Pendekatan Scientific
46.
SMA/MA Bahasa Indonesia Contoh Penilaian Autentik
47.
SMA/MA Bahasa Indonesia Contoh Pendekatan Scientific
48.
SMA/MA Matematika Contoh Penilaian Autentik
49.
SMA/MA Matematika Contoh Pendekatan Scientific
50.
SMA/MA Sejarah Contoh Penilaian Autentik
51.
SMA/MA Sejarah Contoh Pendekatan Scientific






























































Sumber: pengawasmadrasah.wordpress.com

Artikel Terkait



  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih telah berkenan berkunjung dan meninggalkan jejak komentar

    Next previous home